Home » Blog » 5 Bahasa Pemrograman yang Dibuat Oleh Wanita

5 Bahasa Pemrograman yang Dibuat Oleh Wanita

5 Bahasa Pemrograman yang Dibuat Oleh Wanita

Tidak bisa dipungkiri bahwa dunia software development didominasi oleh laki-laki. Walaupun memang ada juga wanita yang terlibat, namun masih kalah dominan dibanding laki-laki sehingga kurang terekspose.

Dalam beberapa tahun belakangan jumlah software developer wanita naik cukup pesat. Seperti yang anda ketahui, programmer komputer pertama didunia adalah seorang perempuan dan mereka telah membuat banyak kontribusi terhadap pengembangan bahasa pemrograman. Berikut ini adalah 5 bahasa pemrograman yang disciptakan oleh wanita.

ARC Assembly

ARC Assembly diciptakan oleh Kathleen Booth ketika dia bekerja di UK’s Birkbeck College pada tahun 1950. Automatic Relay Calculator atau ARC diciptakan untuk ARC komputer supaya program komputer lebih simpel, mudah, dan terpercaya.

COBOL

Common Business Orinted Language (COBOL) diciptakan oleh Grace Hopper, seorang tentara muda di US Navy ketika bekerja di UNIVAC system pada tahun 1959.

Bahasa pemrograman ini awalnya diciptakan untuk Pemerintahan Amerika dan bisnis untuk data processing programming. Tidak hanya Grace Hopper, tetapi anggota lain dalam konferensi Data System Language Records juga berperan signifikan terhadap pengembangan bahasa ini.

FORMAC

Formula Manipulation Compiler (FORMAC) diciptakan oleh Jean Sammet pada tahun 1962. Pada dasarnya ini merupakan pengembangan dari FORTRAN yang diciptakan oleh IBM pada tahun 1950 an. FORMAC pada akhirnya populer untuk komputasi matematic dan scientific.

CLU

CLU merupakan kemajuan dalam bahasa pemrograman object oriented yang diciptakan oleh Barbara Liskov pada tahun 1974. Barbara adalah wanita pertama di Amerika yang meraih Ph.D. di bidang komputer science. Bahasa ini memberi pengaruh besar terhadap bahasa pemrograman modern saat ini seperti Java, Python, dan C++.

BBC BASIC

BBC BASIC diciptakan oleh Sophie Wilson pada tahun 1981. Ini adalah bahasa pemrograman pertama yang diciptakan untuk TV programming. Secara khusus bahasa ini diciptakan untuk BBC yang ingin menyiarkan program bernama “The Computer Literacy Project”. Program ini bertujuan mengedukasi orang tentang programming, yang kemudian dikembangkan lebih lanjut oleh Sophie Wilson sehingga jadilah BBC BASIC.

Sebenarnya masih banyak wanita lain yang berperan dalam dunia pemrograman, namun daftar diatas adalah wanita-wanita hebat yang bisa menciptakan bahasa pemrograman dalam keadaan resource yang sangat terbatas.