Home » Blog » Dampak Teknologi Terhadap Sektor Keuangan dan Perbankan

Dampak Teknologi Terhadap Sektor Keuangan dan Perbankan

Dampak Teknologi Terhadap Sektor Keuangan dan Perbankan

Pada sektor keuangan dan perbankan teknologi memiliki peran besar dalam hal riset dan pengembangan layanan. Salah satu yang populer belakangan ini adalah Fintech yang merupakan salah satu bentuk dari penerapan teknologi terhadap layanan keuangan.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh PwC, sekitar 77% perusahaan keuangan mengingkatkan fokus internal mereka untuk melakukan inovasi. Berikut ini adalah beberapa bidang yang menerapkan teknologi untuk meningkatkan layanan terhadap konsumen.

Online Banking

Menilik 10 tahun ke belakang kita masih menggunakan sistem transaksi manual dengan mengantri di kantor bank. Namun kini, layanan perbankan sekarang ini sudah mulai bergeser sepenuhnya meuju layanan yang bisa diakses dari mana seja lewat internet.

Perusahaan yang menyadari kebutuhan masyarakat modern dimana semua serba ingin cepat dan praktis, berlomba-lomba menciptakan platform online yang bisa memfasilitasi seluruh kegiatan perbankan konsumen.

Pasar Valuta Asing 24 Jam

Perkembangan teknologi juga telah mengubah foreign exchange market. Operasi manual berlangsung beberapa tahun yang lalu, namun saat ini semuadapat dilakukan secara online melalui berbagai jenis platformselama 24 jam setiap hari.

Karena aksesnya yang semakin mudah membuat pasar forex kini lebih diminati banyak orang. Selain itu dengan mudahnya penggunaan platform online, calon nasabah bisa mencoba bertransaksi terlebih dahulu menggunakan demo account yang disediakan secara gratis oleh broker.

Deteksi dan Pencegahan Terjadinya Fraud

Beberapa tahun lalu, identifikasi dan pencegahan terhadap tindakan kecurangan merupakan hal yang membutuhkan effort besar baik dari segi manusia maupun teknologi. Seiring berkembangnya teknologi masa sekarang ini, antisipasi terhadap adanya tindakan fraud bisa dilakukan secara otomatis lewat sistem yang telah dikembangkan perusahaan. Salah satunya lewat identifikasi biometric yang menjadikan sektor keuangan semakin aman.

Selain itu dengan teknologi, pemulihan terhadap kerugian yang mungkin terjadi akibat adanya tindakan kecurangan bisa lebih mudah karena semua data tercatat secara real time.

Customer Service

Dalam sektor keuangan, customer service merupakan salah satu sektor yang paling krusial karena berhadapan langsung dengan nasabah. Dahulu, customer service dilakukan oleh orang yang melayani nasabah. Namun kini dengan perkembangan teknologi, banyak teknologi yang bisa membantu layanan customer service seperti bots yang bisa diakses secara online. Adanya teknologi ini bisa memenuhi keinginan nasabah yang menginginkan layanan serba cepat.