Home » Blog » Facebook Tidak Selalu Jadi Platform Digital Marketing yang Baik, Kenapa?

Facebook Tidak Selalu Jadi Platform Digital Marketing yang Baik, Kenapa?

Facebook Tidak Selalu Jadi Platform Digital Marketing yang Baik, Kenapa?

Sejak adanya media cetak lebih dari satu abad yang lalu, penerbit atau media menghasilkan pendapatannya lewat dua cara. Cara yang pertama adalah melalui penjualan dan yang kedua adalah melalui periklanan. Hal ini bisa terjadi lantaran publikasi mampu menarik pembaca, kemudian karena telah memiliki marketnya maka media bisa menawarkan harga bagi perusahaan yang ingin beriklan. Harga iklan dipengaruhi oleh seberapa tepat sasaran pasar. Semakin tepat, maka harganya akan semakin meningkat.

Namun itu semua sudah berlalu dan telah banyak berubah sejak perkembangan dunia digital. Dalam beberapa tahun terakhir sejak semakin masifnya perkembangan platform digital seperti Facebook, banyak perusahaan lebih banyak mengeluarkan budget periklanannya untuk beriklan di sosial media.

Tapi apakah Facebook merupakan platform terbaik untuk beriklan saat ini? Simak 3 hal yang membuat Facebook tidak selalu menjadi platform digital marketing yang ampuh ini.

Media Sosial Bisa Menjadi Toxic

Ketika berbicara media konvensional, maka sebuah publikasi yang diterbitkan adalah hasil dari jurnalis yang telah melalui serangkaian tahap sehingga informasi yang disajikan lebih bisa terjamin.

Bagi perusahaan tentunya akan lebih aman karena informasi yang disampaikan lebih terkontrol sehingga audience juga lebih tertarget secara spesifik. Namun sekarang di era media sosial siapa saja bebas untuk menyampaikan informasi sehingga sangat sulit untuk mengontrol informasi yang berkembang, bahkan tidak jarang bisa muncul salah informasi yang berakibat fatal.

Apakah Anda Akan Didengar di Keramaian

Banyak informasi yang bisa didapatkan di Facebook, tidak terkecuali informasi yang salah seperti berita hoax dan sejenisnya. Meskipun Facebook memiliki audience yang besar, apakah perusahaan yakin bisa mendapatkan perhatian lewat beriklan di Facebook ketika mayoritas audience lebih tertarik ke informasi lain? Tentunya hal ini perlu dipertimbangkan karena tujuan dari beriklan adalah supaya bisa sampai dan didengar oleh target audience yang dituju.

Apakah Anda Peduli Dengan Kualitas Jurnalisme

Sebuah publikasi berkualitas membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan untuk mendanainya salah satu sumber terbesar adalah lewat periklanan. Saat ini dengan semakin banyaknya perusahaan yang menggelontorkan budget iklannya di media sosial maka media konvensinal perlahan mulai berguguran. Namun tidak semua orang berfikir hal ini bersifat negatif karena menurut sebagian orang perkembangan media sosial lebih bersifat demokratis dimana setiap orang bebas menyampaikan informasi.

Pada akhirnya keputusan berada ditangan para pengiklan. Semua harus dipertimbangkan dengan matang sebelum beriklan karena tidak selamanya media yang ramai bisa mendulang dampak positif bagi perusahaan, begitu pula sebaliknya.