Home » Blog » Tips Anonim, Menyembunyikan Identitas IP Saat Berselancar di Internet

Tips Anonim, Menyembunyikan Identitas IP Saat Berselancar di Internet

Tips Anonim, Menyembunyikan Identitas IP Saat Berselancar di Internet

IP atau Internet Protokol telah menjadi bagian dari privasi seseorang. Maka, tak sedikit yang berupaya untuk menyembunyikannya saat digunakan untuk mengakses berbagai macam laman internet. Mungkin hal tersebut juga diinginkan oleh Anda.

Sebagian orang telah mengenal apa yang disebut dengan VPN atau Virtual Private Network. Sebagaimana namanya, layanan ini mendukung Anda untuk menghindarkan identitas perangkat berupa IP. Untuk mengeksplorasi sedikit lebih jauh, berikut ini adalah 5 cara yang dapat digunakan untuk menyembunyikan IP Anda.

Instal VPN

Penginstalan VPN perlu dilakukan untuk menyembunyikan alamat IP. Di saat itulah enkripsi dilakukan terhadap data Anda. VPN memiliki pengaturan jaringan lokal sedemikian rupa dengan menggunakan server lain untuk menyembunyikan lokasi IP. Pilihlah jaringan yang sesuai dengan kebutuhan. NordVPN menjadi aplikasi VPN yang direkomendasikan karena mudah digunakan dan memungkinkan Anda untuk benar-benar keluar dari jaringan yang menunjukkan IP asli milik Anda.

Instal VPN di OS

Untuk pengamanan IP secara maksimal, Anda perlu menginstal VPN dalam Operation System pada perangkat yang Anda gunakan, karena jika hanya menginstal VPN pada browser hanya akan memeroleh pengamanan ketika Anda menggunakan browser atau dapat disebut fungsi VPN tidak mencakup seluruh sistem operasi perangkat ponsel.

Gunakan Alamat IP Khusus

Gunakan alamat IP khusus untuk mencegah data Anda berada dalam server yang berbeda dengan pengguna lain, misalnya menggunakan SSH atau RDP. Meski tak selalu demikian, namun ada baiknya menggunakan langkah ini sebagai pengamanan untuk menyembunyikan IP. Namun, untuk memiliki alamat IP pribadi yang khusus, Anda perlu mengeluarkan sedikit uang agar privasi tetap terlindungi secara maksimal.

Pastikan Kill Switch dan Firewall Selalu Menyala

Saat menyelam dalam aktvitas online, pastikan Kill Switch dan Firewall VPN Anda tetap menyala. Kill Switch berfungsi untuk mencegah para peretas melancarkan aksinya ketika koneksi VPN sedang drop. Sedangkan Firewall merupakan dinding data perangkat Anda yang mencegah adanya akses pihak lain yang ingin mengakses data Anda.

Hindari Penggunaan Wifi Umum

Layanan wifi yang banyak tersedia di tempat-tempat umum seperti mall tidak memiliki proteksi untuk melindungi IP Anda dari kemudahan proses pencurian data atau pemantauan terhadap aktivitas online yang Anda lakukan melalui perangkat. Maka, pertimbangkanlah untuk lebih memilih VPN ketimbang fasilitas layanan wifi umum.

Gunakan Extension/Plugin WebRTC Blocker

WebRTC (Web Real-Time Communication) adalah sebuah tool yang memungkinan browser untuk melakukan koneksi secara real time atau peer-to-peer dari setiap website yang Anda kunjungi. Dengan begitu, website yang Anda kunjungi memungkinkan melakukan pengiriman live audio atau video tanpa harus Anda download terlebih dahulu ke perangkat yang Anda gunakan. Untuk mencegah hal itu, extension atau plugin WebRTC Blocker yang tersedia pada browser seperti chrome atau firefox dapat membantu melakukan pembatasan tersebut.